Berita
195

Pemprov Jambi dan Dirjen PPI Siapkan Media Publika

Bogor, 23 Agustus 2022, dalam rangka pembangunan sistem data sharing dan diseminasi informasi sistem MAR (Monitoring, Analysis and Reporting) Program BioCF-ISFL dalam bentuk Website, Direktorat Inventariasi Gas Rumah Kaca (IGRK) dibawah Direjend Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK telah melaksanakan Workshop Data Sharing dan Diseminasi dalam rangka Program BioCF-ISFL Provinsi Jambi yang dilaksanakan pada tanggal 22 – 23 Agustus 2022. Pertemuan dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan secara luring bertempat di Aston Hotel dan Resort Bogor, dihadiri oleh perwakilan Direktorat IGRK, Bappeda Provinsi Jambi, National Project Coordinator, Sub National Project Coordinator, Tim Teknis Bidang MAR, Individual Consultant, Technical Supporting Officer, Staff PMU serta Tenaga Ahli dalam Program BioCF-ISFL.

Dalam Keterangannya, Bpk. Dr. Ir. Saiful Anwar, M.Sc selaku Direktur IGRK menyampaikan bahwa, direktorat IGRK akan segera mempublish data-data dan informasi terkait emisi GRK dan target penurunan emisi GRK Provinsi Jambi sebesar 14 Ton Co2e yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Jambi melalui Program BioCF-ISFL. Selain itu akan disediakan pula data dan informasi terkait deteksi dini ke tingkat tapak serta dilengkapi dengan penyajian data WebQuery terkait Boundaries, Tutupan Lahan, Peat Land, dan NRT. Pada tahap awal pengembangan sistem Data Sharing, tim penyusun akan fokus pada mekanisme pengguna internal dan kebutuhan penyampaian data kepada tim technical review World Bank dalam mempersiapkan kick of meeting dengan World Bank

 Ditempat terpisah, Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Bpk. Ir. Agus Sunaryo, M.Si menyampaikan bahwa Website BioCF-ISFL Provinsi Jambi disiapkan sebagai wujud tranparansi/ keterbukaan Pemerintah Provinsi Jambi kepada public, khususnya masyarakat Jambi terkait pengelolaan dana Hibah World Bank melalui KLHK dan Kementerian Keuangan RI  kepada Pemprov Jambi.  website ini dibuat untuk memberikan kemudahan kepada semua pihak untuk mendapatkan semua data dan informasi yang dibutuhkan terkait pelaksanaan Program BioCF-ISFL di Provinsi Jambi termasuk pelayanan pengaduan atau Feedback and Grievance Redress Mechanism (FGRM).

Dalam hal ini, pembangunan website bekerjasama dengan Dinas Kominfo Provinsi Jambi terkait dengan perizinan penggunaan web hosting, sehingga website sudah dapat digunakan dan dipublikasikan dengan domain berikut https://biocf.jambiprov.go.id/. Harapannya, sistem Data Sharing dan Diseminasi informasi berbasis Website BioCF ini menjadi rujukan bersama dalam penyampaian serta penggunaan data dan informasi penting terkaiit data Monitoring, Analysis and Reporting (MAR), kegiatan, dan informasi terkini terkait Program BioCF-ISFL Provinsi Jambi.